GAME ONLINE DAN PERUBAHAN PERILAKU REMAJA (Study Implementasi Kebijakan Berdasarkan Peraturan Mentri Komunikasi Dan Informatika No. 11 Tahun 2016 Tentang Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik di SMK Tumapel Malang)

Rabu, 26 Agustus 2020 - 02:38 WIB
Diposting oleh: lppm

 

GAME ONLINE DAN PERUBAHAN PERILAKU REMAJA

(Study Implementasi Kebijakan Berdasarkan Peraturan Mentri Komunikasi Dan Informatika No. 11 Tahun 2016 Tentang Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik

di SMK Tumapel Malang)

 

 

Olivia Margie Sahetapy 

Universitas Merdeka Malang

 

Abstrak., Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana Implementasi Kebijakan Game Online dan Perubahan Perilaku Remaja berdasarkan Peraturan Mentri Komunikasi Dan Informatika No. 11 Tahun 2016 Tentang Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik di SMK Tumapel Malang dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam Implementasi Kebijakan Game Online dan Perubahan Perilaku Remaja di SMK Tumapel Malang. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasilnya Implementasi Kebijakan Game Online dan Perubahan Perilaku Remaja berdasarkan Peraturan Mentri Komunikasi Dan Informatika No. 11 Tahun 2016 Tentang Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik di SMK Tumapel Malang dengan indikator :Usia pengguna game online. Pada siswa maniak gamer, dampak dari keberadaan game online ini telah mengubah pola kehidupan mereka sebelumnya secara total (dalam hal interaksi, pencitraan diri dan perubahan perilaku individunya) dan memberi dampak yang negatif bagi pemakainya dikarenakan kurangnya pengendalian diri

Kata Kunci : Game Online, Perubahan Perilaku Remaja

Selengkapnya