ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN

Senin, 05 Agustus 2019 - 13:08 WIB
Diposting oleh: lppm

 

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN

TERHADAP KEPUASAN PASIEN

 (Studi Kasus Pada Puskesmas Ciptomulyo Kota.Malang)

 

Nurtjahja Juniarsa

STIE INDOCAKTI Jl. Besar Ijen No. 90-92 Malang, Jawa Timur

Email:  juniarso@gmail.com

 

 

Abstrak : Gaya kepemimpinan merupakan salah satu penunjang keberhasilan dalam sebuah pemerintahan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk ,menganalisis   bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan ditinjau dari  indikator Gaya Persuasif, Gaya Refresif,  Gaya Partisipatif dan Gaya Inovatif,  terhadap prestasi kerja dengan indicator kemampuan dan motivasi pada pemerintahan desa Sanankerto Kab. Malang.  Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan Kuantitatif sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakanadalah analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara persial nilai koefisien regresi  variable gaya kepemimpinan (X)  0,652 bernilai positif sehingga dapat dikatakan variable x berpengaruh positif terhadap variable prestasi kerja (Y). Dan hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 Hasil t-hitung sebesar 8.449 lebih besar dari t-tabel sebesar 1.692  dan hasil uji F (uji simultan) menunjukkan bahwa tingkat signifikansi sebesar 0,000  < 0,05 artinya gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja.. Disamping itu hasil penelitian ini juga sejalan dengan penelitian terdahulu serta relevan  dengan teori mengenai gaya kepemimpinan.dan pengaruh faktor prestasi kerja.

Kata kunci:     Kualitas Pelayanan, Kepuasan  


Selengkapnya