ANALISIS FAKTOR MARKETING STRATEGY, INDIVIDUAL DAN LINGK THDP KEPUTUSAN PEMBELIAN KRIPIK SINGKONG

Sabtu, 29 September 2018 - 08:34 WIB
Diposting oleh: lppm

ANALISIS FAKTOR MARKETING STRATEGY, INDIVIDUAL DAN LINGKUNGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KERIPIK SINGKONG 

 

 

Evi Yulia dan Edie Sugiarto

Program studi ekonomi manajemen Universitas Islam Lamongan

eviyulia@unisla.ac.id

Abstrak,. Perkembangan tekhnologi telah merubah pola berfikir masyarakat, singkong dikenal sebagai makanan pengganti nasi sekarang banyak dimanfaatkan masyrakat sebagai ladang bisnis dalam berwirausaha, ada banyak faktor yang mempenfaruhi pembelian keripik singkong yaitu faktor strategi marketing, faktor individu dan faktor lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui marketing strategy, individual dan lingkungan secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian keripik singkong, untuk mengetahui peranan marketing strategy, individual dan lingkungan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian keripik singkong, untuk mengetahui diantara variabel marketing strategy, individual dan lingkungan manakah yang berperan paling dominan dalam keputusan pembelian keripik singkong

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, realibitas, regresi linier berganda, korelasi berganda, uji t , uji F dan koefisien detrminasi

Berdasarkan hasil analisis bahwa variabel marketing strategy, individual dan lingkungan secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan hasil regresi liner berganda yang memiliki nilai regresi positif.  Hasil penelitian kedua menunjukkan bahwa variabel marketing strategy, individual dan lingkungan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, hal ini dapat dibuktikan melalui hasil uji F yang menunjukkan hasil F hitung lebih besar dari F tabel. Hasil penelitian ke-tiga diantara variabel marketing strategy, individual dan lingkungan yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah variabel lingkungan. Hal ini dapat ditunjukkan melalui hasil analisis regresi linier berganda yang menunjukkan nilai untuk variabel lingkungan lebih besar dibanding variabel lain

Kata kunci: marketing strategy, individual, lingkungan dan keputusan pemebelian

Selengkapnya