PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT PRIMA HUSADA

Rabu, 07 Februari 2018 - 08:36 WIB
Diposting oleh: lppm

 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN WORD OF MOUTH

TERHADAP KEPUASAN PASIEN

DI RUMAH SAKIT PRIMA HUSADA MALANG

 

 

Asep Dana Saputra dan Mukhammad Khafid Hidayat

asepdanasaputra@gmail.com

STIE Kertanegara Malang

 

 

ABSTRACT, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Word Of Mouth Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Prima Husada Malang. Jenis penelitian ini dilakukan oleh penulis adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner.Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Rumah Sakit Prima Husada Malang yang berjumlah 56354 pasien.Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 orang dengan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas pelayanan secara simultan dan parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit Prima Husada Malang.Hasil penelitian juga membuktikan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh dominan terhadap variabel kepuasan pasien di rumah sakit Prima Husada Malang.Adjusted R2 sebesar 0,506 dapat dijelaskan bahwa 50,6% kepuasan pasien di rumah sakit Prima Husada Malang mampu dijelaskan oleh variabel   Kualitas pelayanan, Word of mouthdan 49,4% disebabkan oleh variabel lain yang tidak diamati seperti harga, lokasi, citra dan lain-lain.

Kata Kunci : Kualtas pelayanan, word of mouth, kepuasan Pasien

Selanjutnya