Gambaran RT Di Ds. Talangsuko Dan Kel. Turen Kec.Turen Kab. Malang Dalam Menerapkan Perilaku Hidup

Minggu, 31 Desember 2017 - 06:53 WIB
Diposting oleh: lppm

 GAMBARAN RUMAH TANGGA DI DESA TALANGSUKO DAN KELURAHAN TUREN KECAMATAN TUREN KABUPATEN MALANG DALAM MENERAPKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)

 

 

Nining Martiningtyas  dan  Yudhi Anggoro

Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya

idhuy2000@gmail.com

 

Abstrak, Salah satu masalah kesehatan yang mendapatkan perhatian dari Pemerintah Indonesia adalah meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat Indonesia dengan cara menerapkan praktik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di semua wilayah. Desa Talangsuko dan Kelurahan Turen termasuk dalam wilayah pemerintahan Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur juga melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan. Salah satu diantaranya adalah program pemberdayaan masyarakat dalam praktik PHBS. Terdapat permasalahan kesehatan di kedua wilayah tersebut, diantaranya adalah belum optimalnya pengelolaan praktik PHBS dan diduga adanya perbedaan dalam hal perilaku PHBS di wilayah Desa dan Kelurahan. Oleh karena itu, permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana gambaran rumah tangga di wilayah Desa Talangsuko dan Kelurahan Turen, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang dalam menerapkan praktik PHBS dan apakah terdapat perbedaan bagi kedua jenis wilayah tersebut dalam menerapkan praktik PHBS.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian descriptive analytic dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rumah tangga di Desa Talangsuko dan Kelurahan Turen, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Jumlah sampel yang dipilih secara acak untuk Desa Talangsuko sebanyak 40 responden dan Kelurahan Turen sebanyak 40 responden. Dua alat yang digunakan untuk pengambilan data penelitian, yaitu lembar kuesioner dan lembar observasi.

Gambaran dari hasil penelitian adalah responden di Desa Talangsuko dan Kelurahan Turen merupakan rumah tangga yang mempunyai risiko kesehatan lingkungan, dimana sebagian besar responden tidak melaksanakan tiga indicator PHBS kesehatan lingkungan dengan optimal, sehingga masih dimungkinkan adanya ancaman gangguan penyakit dan lingkungan yang tidak mendukung dalam hal kebersihannya. Selain itu, diperoleh hasil analisis bahwa tidak ada perbedaan yang siginifikan untuk kondisi kesehatan lingkungan di Desa Talangsuko dan Kelurahan Turen yang didasarkan pada tiga indicator PHBS kesehatan lingkungan.

Kata kunci :  Praktik PHBS, Indicator PHBS Kesehatan Lingkungan

Selanjutnya