Corporate Social Responsibility Sebelum dan Sesudah UU Perseroan Terbatas

Kamis, 05 Oktober 2017 - 11:22 WIB
Diposting oleh: lppm

 Defia Nurbatin dan Alvin

Email : devia.nurbatin@gmail.com

STIE INDOCAKTI Jl. Besar Ijen No. 90-92 Malang, Jawa Timur

 

 

Abstrak.Tujuan penelitian ini untuk pengungkapan informasi corporate social responsibility sebelum dan sesudah diberlakukannya UU Perseroan Terbatas No 40 tahun 2007 dengan objek penelitian perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Pemilihan subyek penelitian menggunakan kriteria-kriteria dan yang memenuhi kriteria tersebut sebanyak 21 perusahaan. Penelitian ini menggunakan event window selama 7 tahun yaitu 3 tahun sebelum dan 3 tahun sesudah diberlakukannya UU No 40 tahun 2007.

 

Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri laporan tahunan perusahaan yang terpilih menjadi subyek dalam penelitian ini. Sebagai panduan digunakan check list atau daftar pertanyaan-pertanyaan yang berisi item-item pengungkapan pertanggungjawaban sosial berdasarkan pedoman GRI. Hasil dari penghitungan menggunakan check list, dianalisa menggunakan analisa trend dan analisa perbandingan untuk mengetahui perbandingan luas pengungkapan sebelum dan sesudah diberlakukannya UU No 40 tahun 2007.

 

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan manufaktur di Indonesia telah sejak lama mengenal konsep CSR. Perusahaan-perusahaan manufaktur di Indonesia telah sejak lama menjalakan bisnisnya sesuai dengan konsep CSR, bahwa perusahaan tidak lagi dihadapkan pada tanggung jawab yang berpijak pada single bottom line, tetapi perusahaan harus berpijak pada triple bottom line.

Kata kunci : corporate social responsibility, UU No 40 tahun 2007

Selengkapnya

 

Selengkapnya